Wrong Way

Turn back if u not sure !


Kelompok Pro Firefox Gelar Kampanye Anti IE
Annisa M. Zakir - detikInet
Screenshot tampilan web (explorerdestroyer.com).
Jakarta, Persaingan antar web browser kini tak hanya berkutat sebatas persaingan antar perusahaan saja. Kelompok bertajuk 'Explorer Destroyer' secara agresif teriakkan, "Destroy IE"! Waduh.

Explorer Destroyer merupakan kampanye yang terdiri dari kelompok yang terkesan 'anti' Internet Explorer (IE). Kelompok tersebut terdiri dari 4 orang yang mengaku sebagai aktivis politik dan bermarkas di Massachusetts, Amerika Serikat (AS).

Kelompok tersebut menggelar kampanye agresif yang bertujuan agar para pengguna Microsoft IE dapat segera beralih ke Mozilla Firefox. Upaya keseriusan itu kemudian berujung pada ajakan agresif yang dilakukan secara lebih luas.

Seperti yang tertera pada situsnya, "Anda ingin orang lain untuk menggunakan Firefox, sekarang waktunya untuk bertindak serius," demikian kutipan ajakan kelompok tersebut pada situs Explorer Destroyer, tempat mereka menyuarakan ajakannya.

Ajakan itu bahkan menjanjikan insentif. Seperti yang dijelaskan, 'Switch your user to Firefox and make money'. Uang sebesar US$ 1 (US$ 1 = Rp 8.815 Sumber: detikcom) akan diberikan pada setiap transisi web browser ke Firefox yang berhasil dilakukan, bila pengguna melakukan proses download melalui Google Toolbar.

Cara Explorer Destroyer Bekerja

Situs Explorer Destroyer menawarkan script untuk bisa di-download partisipan yang mendukung gerakan ini. Bila partisipan menginstall script tersebut, maka secara otomatis situs akan mengenali pengunjung yang menggunakan browser IE dan akan merujuk untuk beralih ke Firefox.

Partisipan dapat memilih untuk mendownload 3 jenis script dengan level 'keseriusan' yang berbeda. Level Gentle termasuk ajakan ringan. Pengguna script dengan level ini akan memberikan peringatan kepada pengguna IE pada header disitusnya. Pesan yang disampaikan adalah "We see you're using Internet Explorer. Try Firefox, you'll like it better".

Tingkat tersebut kemudian meningkat menjadi level Semi-serious. Pada tingkat ini, keseluruhan halaman tertutup dengan pesan "We see you're using Internet Explorer. Try Firefox, you'll like it better". Namun bila pengunjung tidak menginginkan hal tersebut, mereka masih bisa memasuki halaman yang dimaksud dengan mengklik rujukan "Continue Without Firefox".

Tingkat yang paling ekstrim ada pada level Dead-serious. Bila partisipan memilih untuk mendownload script ini, maka pemilik situs sama sekali tidak memperbolehkan pengunjung yang menggunakan IE untuk dapat masuk ke halaman depan sekalipun.

Partisipan juga diminta untuk mendaftar ke Google AdSense, agar insentif yang diberikan dapat teralih ke user AdSense tersebut. AdSense sendiri adalah program iklan Google yang yang dapat memberikan insentif berbasis per-klik.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Mozilla belum memberi komentar terhadap usaha kelompok tersebut. Begitu pula pihak Google yang tidak memberikan komentar mengenai keterlibatannya dalam kampanye ini. Demikian dilansir PCWorld yang dikutip detikINET, Kamis (27/04/2006). (amz)

1 komentar

  1. Anonymous  

    Very best site. Keep working. Will return in the near future.
    »

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)